Posted by : Unknown 4 Sept 2012

Yeah Potalovers!! Salam kenal semuanya, kali ini gue mau berbagi cerita saat-saat awal gue masuk Universitas Gunadarma.
Ketika lulus SMA gue dan teman-teman seperjuangan sempet ikut try out dari beberapa Universitas di wilayah Bogor. Tapi karena gue berpikir ulang dan ga minat masuk jurusan Akuntasi di Fakultas Ekonomi Bogor gue lebih memilih Gunadarma karena Universitasnya berlandaskan Computer Science dengan akreditasi serba A. Tadinya gue mau masuk jurusan ITInformation Technology ) disana tapi ternyata di Gunadarma jurusan IT Cuma bisa di peroleh kalau lu SMAnya IPA bukan dari IPS. Alhasil gue cari alternatif ke jurusan IS( Information System ) yang mirip-mirip sama IT tapi IS lebih kepada basis data dan teknologi informasi dalam pengembangan aplikasi praktis khususnya di bidang Sistem Informasi^^ tapi ga maen hardware.


Gue dateng ke konter pendaftaran Universitas Gunadarma sama temen-temen SMA gue yang di Kelapa 2, Depok. Saat itu formulir pendataran harganya Rp.300ribu, gue beli di sana dan gue cheklist jurusan Sistem Informasi dan Psikologi, gue dapet nomor pendaftaran A105779, kaka yang ngelayanin di konternya ramah banget deh sayang gue ga nanya namanya waktu itu wkwk. Setelah formulir di isi gue dapet jadwal tes masuk, yang tesnya itu mengerjakan 2000!! soal tapi ga semuanya, sebisanya aja dari waktu yang di kasih( 90menit ). Akhirnya gue lulus tuh dari dua jurusan yang gue pilih tapi sayangnya cuma di grade 2 dari 5 grade yang ada, syukuri aja deh hehe.


Setelah itu ada hari dimana Maba berkumpul untuk diberi pengarahan PPSPPT( Pengenalan Program Studi dan Program Pendidikan Tinggi ) tapi gue lupa tanggalnya, pokoknya waktu itu di kasih tahu nomor NPM, Kelas, Bendera Fakultas( Fakultas gue Ilmu Komputer dapet warna Ungu ), Kelompok Ospek, juga Network Key yang ga boleh di sebarin tapi udah nyebar setahu gue wkwk 



Ga lama dari hari briefing tadi ada Pelatihan Blog tanggal 27 Juli 2011 di kampus D lantai 4 ruang 6. Di sana gue maen hp aja ga merhatiin karena ga terlalu penting buat orang yang udah ngerti blog, bukannya sombong tapi di sana cuma di ajarin buat blog doank terus pulang~. Waktu itu lift lagi rusak, harus ke lantai 6 pula #hahh.


Nametag
Tanggal 5 Agustus gue baru masuk lagi ke kampus D yang di Margonda, hari ini ada event lagi disebutnya Kuliah Perdana, gue dapet sesi kedua pukul 9.30-11.30. Di sana di perkenalin mata kuliah jurusan Sistem Informasi tentang Bahasa Pemrograman.


Nahh tanggal 16 Agustus 2011 nih gue di OSPEK! gue dapet gelombang 2, tau lah Maba Gunadarma keroyokan jadi di bagi jadi banyak gelombang(Bergelombang-gelombang~ wkwk), yang gelombang pertama kemarinnya tanggal 15. Gue dapet di kampus E Kelapa 2, jam 7 pagi menggunakan kemeja tangan panjang warna putih, pita ungu yang di iket di tangan kanan dan celana bahan panjang warna hitam, juga harus ngalungin nametag yg ukurannya cukup gede-.-, oh iya 1 lagi kepala gue pas ospek cepak! #dan ini kewajiban! Arghh

Di bawah adalah foto-foto saat kejadian berlangsung :p

Ini barang sitaan yg di dapet dari para MaBa, untuk rokok sama korek masih wajar(mahasiswa), nah yg bawa gunting sama bedak sebotol gede itu yg ngebingungin-.-

Nah yg telat harus nunggu di sini dan dapet hukuman, pipinya juga di coret pake lipstik wkwk

Salah satu pertunjukan senior
Biasanya buat ngerekrut para MaBa biar gabung UKM mereka

Ini barisan yg ga telat, nyanyiin mars gunadarma di sini, senior juga teriak" ga jelas-.-
Gue ada di pojok belakang ngadem di bawah poon :p yg lucu ada bapak" ikut ospek^^'


*Cerita di perjalanan* Dari rumah berangkat pagi-pagi bareng temen-temen SMA gue yang masuk Gunadarma juga.. tapi di jalan sempet kena macet parah! gue yakin ini gara" Gunadarma nehh!! sampe motor stak dan pejalan kaki susah nyelip haha, dan kita terpaksa jalan kaki sebentar lalu lanjut lagi naek angkot. Sesampainya di sana gue buru-buru lari ke barisan belakang biar ga kena hukuman sama senior(ada senior baik yg nyelipin gue ke belakang biar ga ke hukum^^), tapi temen gue ada yang kena jadi mukanya di coret sama lipstik wkwk.
Pas nunggu disini tingkat dehidrasi naik drastisss

Di sana mahasiswa di suruh berbaris dan nyanyiin Mars Gunadarma, ada acara sepak sepik, unjuk bakat tiap UKM, juga di bagiin Almamater berwarna abu-abu. Sumpah saat berbaris itu gue serasa pengen pingsan, kesatu karena jempet-jempetan, kedua banyak cowo yang ketiaknya pada ngucur duluan, ketiga ini siang bolong dan ga ada asupan minuman karena lagi puasa. Sudahlah! gantung aja gue di pohon toge!! hehehehe


Masuk perkuliahan tanggal 19 september 2011, tapi gue dapet jadwal naas banget. Gue senin libur dan sabtu masuk, bayangin aja di saat orang sibuk masuk pada hari senin lu malah libur dan di saat orang lagi asik malam mingguan lu malah ke kampus tapi gue syukuri kok haha, jadi pertama kuliah bareng temen sekelas tuh tanggal 20 hari selasa.

Maap potonya jelek, tapi kalo di perhatiin temen gue si alex ini di hari awalnya uda di isengin haha
Sabar lex dunia ini kejam :') wkwkwk

Ini suasana kelas lainnya..

Temen pertama yang gue temuin di kampus adalah Noordianto Catur, awalnya gue kenal dia dari facebook #lagi-lagi jejaring^^. Nah pas hari pertama di kampus sebelum jam masuk gue nunggu di pos satpam tuh sambil nunggu temen yang laen yang mau janjian masuk kelas bareng, gue udah kenal sama beberapa temen sekelas lewat grup facebook yang udah tercipta sebelum kelas ada wkwk.

Gue dapet kelas 1KA24 dengan total mahasiswa yang engga menetap jumlah tiap bulannya haha. Ada banyak temen-temen gue yang out di awal-awal semester, alasannya macem-macem ada yang ga kuat, sakit, sama yang paling banyak adalah MALES KULIAH. Males dalam arti mereka udah kenal kerja dan uang sebelumnya, dan lebih memilih kembali ke pekerjaan mereka.


Pertama duduk di kelas ini gue rasanya pengen pulang #Engga itu bohong. Maksud gue, rasanya gue udah kaya di SMA dulu karena baru masuk udah banyak yang rusuh #di bangku belakang khususnya wkwk tapi asik. Mulai dari hari-hari itu gue mulai mengenal temen-temen sekelas gue yang jumlahnya kadang pasang kadang surut tapi rata-rata 50an.


Ketemu Dosen pertama kali gue gugup karena gue ga tahu kalau di kampus belajarnya seperti apa tapi setelah dosen ngajar di kelas gue merasa nyaman karena dosen pertama yang gue jumpa adalah dosen terENAK di semester 1 hahaha. Setelah dosen seterusnya gue mulai dilema sama yang killer apalagi dengan tugas yang seabrek-abrek tiap dosennya.

Di kampus sifat gue jadi beda sama di sekolah SMA, ternyata gue lebih pendiem di SMA mungkin karena gue masih pake seragam dan ga pede dengan pakaian sekolah yang homogen semua sama wkwk maap maksud gue monoton itu-itu terus.

Sampai sini dulu sedikit cerita gue di kampus, nantikan episode berikutnya di episode shippuden! hahaha

{ 263 comments... read them below or Comment }

  1. transit petang...follower 123

    ReplyDelete
  2. Keren mas saya juga dari ips munkin akan ngambil si juga xD nanti ketemuan ya
    email saya
    arimuchibi@yahoo.com

    work at fb ym twitter game online wkwk
    semoga sukses xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha situ penggemar chibi-chibi berger ya? emailnya mirip fans C-rebel haha
      wahh gamers jg yahh :D

      Delete
  3. ini nama real gw wey u.u wkwkwk jadi ya nanti ktmuan mohon bimbinganya XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. ouwh emang nama aslinya toh haha oke oke bisa di aturr :))

      Delete
  4. Gan saya baca di situs resminya Gundar IPS cuma bisa masuk Mi? Itupun jika Ujianya dapet Grade 1. Walah bener ga? Terus Si keteranganya cuma buat IPA apa lg Ti bukan masalah saya ga tau anda dari IPS masuk Si takutnya itu aturan sekarang benar ga gan mohon bantuanya XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh dulu juga ada rumor masuk jur IT bisa dari IPS tapi harus grade 1 tapi nyatanya engga IT harus dari IPA setahu saya. Nah lebih baik kalo ente bertanya di loket pendaftaran karena di sana di jelasin apa yg kita bingungkan, saya kurang tau update an sekarang tentang jurusan tapi yg saya liat emang harus IPA sekarang, menurut saya sih itu belum tentu benar juga bro.

      Delete
  5. keren mas ceritanya ! saya jurusan IPS mau masuk Ilmu Komputer di Gundar, bisa gak ya ? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sori telat bales karena sibuk hehe
      bisa kok saya aja dari IPS^^

      Delete
  6. oh iya kalo boleh tau, itu soal yg 2000 pelajaran apa ? jadi kalo milih jurusan IPA otomatis soal tes nya itu pelajaran IPA ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2000 soal itu terdiri dari matematika, inggris dan sosiologi(kalau ga salah). semua tes soalnya sama kok tapi nomer di acak jadi kalau jago cuma di matematika atau inggris yang ga bisanya di skip aja dan ngerjain yang bisa dari pada dapet min :)

      Delete
  7. emm ada contoh soalnya ga gan? klo ada minta dnk,...
    o ya 2000 soal tuh d kerjain berapa jam gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Contoh soal? wah Ane ga punya tapi yg pasti bahasa inggris lebih gampang dari matematika. matematika harus apal rumus banyak, dari yg SMA di ajarin sampai yg belum di ajarin.. Bahasa inggrisnya ada yg cuma translate malah hahaha
      2000 soal cuma di kasih waktu 90menit, tapi ngerjain sebisanya.. kalau Ane waktu itu ngerjain 400an tapi ga yakin bener semua :P makanya dapet Grade 2 ^^a

      Delete
  8. Ka sekarangkan ada sistem pmdk itu kaya gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. PMDK itu kamu harus punya nilai tinggi di ijazah SMA jadi masuk Universitas ga harus ujian lagi tapi tinggal unjukin nilai^^

      Delete
  9. Bang Lintang, saya kan sekarang kelas 3 SMA mau kuliah nih. saya jurusan IPS di sekolah mau masuk GUNDAR. saya mau kuliahnya dibidang yang MERAKIT KOMPUTER atau buat SOFTWARE gitu bang. di GUNDAR bidang kayak giru jurusan apa ya? terus IPS bisa gak bang? makasih Bang atas perhatiannya dan jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh cocok tuh masuk Fakultas Ilmu Komputer.. Untuk jurusan Sistem Informasi nanti belajar bahasa pemrograman, bikin software, analisis data, mau masuk jurusan ini harus gradenya tinggi kalau IPS. Yang merakit bisa ke Sistem Komputer. Jurusan TI nih yg wajib IPA karena di dalemnya belajar matematika IPA, fisikanya juga lebih expert.. TI lebih mendalam tentang teknologinya di banding SI yang cuma bikin software sama belajar bahasa pemrograman :) segini aja yang ane tau^^

      Delete
  10. Saya dari SMK Negeri 58 JAKARTA jurusan Desain Komunikasi Visual, niatnya mau masuk IT berarti bener bener ga bisa? tapi kata temen saya anak SI sekarang semester 2 bisa. mana yg bener? terus kalo masuk Sistem Informasi bisa ga? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau masuk SI situ bisa asal GRADE saat di uji atau lewat PMDK nilainya besar..
      Untuk jurusan IT sepertinya dari SMK jurusan bisa, yang saya tahu cuma IPS yang ga bisa.. Lebih jelasnya bisa di tanya di konter-konter pendaftaran Gunadarma :)

      Delete
    2. sebulan yang lalu ada Try Out dari gundar kesekolah saya, nah dilembar paling belakang kami disuruh ngisi data siswa u/ beasiswa. itu sistem beasiswanya bagaimana maksudnya? potongan harga / sampai lulus ?

      Delete
    3. Untuk potongan harga beasiswa pasti berbeda-beda tiap tahun dan rincinya, jadi bisa di kontak ke konter pendaftarannya langsung :)

      Delete
  11. selain test soal ada test yg lain ngga,, kaya test kesehatan gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh ada.. test kesehatannya tuh test urin yang di adain di kampus D atau E, nanti urin anda di ambil sebagai sampel buat di periksa(ngambil sendiri yak, masukin ke botol pas di WC terus kasih perawatnya). Kalau perokok atau bekas minum alkohol nanti ketahuan sama perawatnya terus di kartu keterangannya di tulis sesuai kandungan yang ada di urinnya, jadi sebelum test urin jaga pola makan yang sehat kalo bisa biar nilai kesehatannya bagus^^

      Delete
  12. kriteria soal-soal yang dikasi apa aja /kaya gimana aja jenis soalnya ???,buat tes tanggal 4 mei 2013 mohon tuntunannya .kebetulan gua jg mau ngambil SI juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matematika, psikotes, bahasa inggris.. jenis soal PG. Salam kenal kalo gitu :)

      Delete
  13. susah ga soal-soalnya gua mau tes tanggal 11 mei 2013
    ngambil jurusan SI juga.

    ReplyDelete
  14. susah atau engganya tergantung kemampuan masing-masing :) tapi menurut saya itu gampang :)

    ReplyDelete
  15. hi slm kenal semua,
    k' walaupun jurusannya beda soalnya sama nggk?

    Ariyo haggun : oh ya, ariyo kamu masih punya soal try out gundar kemarin nggk?
    kalau ada bagi dong..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal resti :)
      Soalnya sama kok tp ini soal ada 2000an jadi ga mungkin bisa sama persis karena sistemnya random^^
      Nah saling share aja kalian :)

      Delete
    2. iya :)
      oh sistem soal'y random:D
      kira-kira materi matematika dan bahasa inggris yang sering di ujikan apa k'?
      ex.integral, direct and indirect, atau apa gitu..
      binggung mau ngisi apa pas tes tgl 14 mei nanti..he

      Delete
    3. Yoyoi hehe
      Materinya tuh dari materi anak SD sampe kedokteran juga ada hahaha(lebay in dikit) makanya yang ga ngerti di skip aja nanti, isi yang ngerti dulu^^

      Delete
    4. resti meiza ( devvy meiza resti )11 May 2013 at 07:49

      hohoho, sip :)
      mksh infonya k'.
      k' saya dapat giliran tes hr selasa tgl 14 mei shif 3 di depok jl margonda pondok cina..
      kalau blh tau, kampus kk' dimana? kalau di depok, tlg bimbingannya ya k' krn sy baru pertama kali ke UG.

      Delete
    5. Yoo sama-sama :)
      Daftar online yah?
      Wah saya lagi liburan tuh tanggal segitu.. asik deh MaBa sedang bersaing nih yee haha semangat yak! semoga sukses ujiannya! :)

      Delete
    6. resti meiza ( devvy meiza resti )13 May 2013 at 20:18

      :)
      iya dftr online,
      ough, lagi liburan. selamat liburan aj kalau gitu :D
      iya,semangat! Aamiin, mksh k' :)
      oh ya, td saya ke UG mau tau aj bsk tes druang mana.
      .waduh rame banget, mau nnya2 sama kk' disana takut ntr dibilang sok akrab :(
      hihihihi

      Delete
    7. Haha bagus"..
      Jiahh salah besar tuh.. kalau kuliah kita harus rajin" SKSD(Sok Kenal Sok Dekat) dari pada tersesat mendingan bertanya :)
      Follow twitter saya aja kalau mau nanya soalnya saya lebih sering OL twitter dari pada blog nih hehe

      Delete
    8. hohoho...gitu ya k'..
      btw apa nm twitter kk' ? ntar aku follow deh :) tp follow back ya?..hehe

      Delete
    9. Iya hehe.. Tuh klik aja ikon twitter di sebelah kanan, sibb nanti di follback :)

      Delete
    10. siiip :)
      oh ya k', kalau kk' dulu pengumuman kelulusan masuk UG lewat via sms atau email?

      Delete
    11. oh ya, k' nm twitter ak @EXO_09

      Delete
    12. lewat sms.. oke udah di follback :)

      Delete
    13. mksh udh follback k' :)
      mksh jga kmrn udh doa'n.akhirnya ak dpt di UG..heheheg

      Delete
    14. Yoo sama".. Wah bagus deh selamat yak :)

      Delete
    15. resti meiza ( devvy meiza resti )28 May 2013 at 19:56

      hahag iya mksh k' :D
      oh y k' registrasi'y itu kan tanggal 3 juni, nahhhh...tanggal 3 juni seluruh anak kelas 3 wajib datang buat ngecap 3 jari ijazah.
      kira2 regitrasi'y bisa di undur 2 hari nggk k'? sl'y aku udah coba hub.panitia UG tapi nggk dianggkat.mau kesana jauh soal'y aku dari bengkulu k'.

      Delete
    16. Registrasi kan bisa online, atau yg daftar ulang?
      Kalo soal bisa di undurnya sih sepertinya ga bisa deh kecuali udah hubungin pusatnya biar janjian buat di undur.. Coba aja hubungi nomor yg Kelapa Dua sama Margonda.

      Delete
    17. mpb k'...
      mf k' mksd ak dftr ulang :D
      kmrn udah di hubungi tapi sibuk, ya udah hr senin kmrn ak dtg kekampus deh dan terpaksa ijazah dan cap 3 jari nggk ikt...
      oh ya k', jurusan psikolog di gudar itu bagus nggk k'?

      Delete
    18. Ouwh daftar ulang..
      cap 3 jari ga harus waktunya kan jadi ya harus rela berkorban deh^^ kalo bagus atau engganya sih relatif tergantung selera tapi kalo dari akreditasi di Gunadarma kan uda di akui A :)
      Coba deh cekidot http://www.gunadarma.ac.id/id/pages/id-s1-fakultas-psikologi.html

      Delete
    19. resti meiza ( devvy meiza resti )10 June 2013 at 20:26

      hmmmm :)
      mf ya kk' nanya d' blog melulu sl'y twitter susah dibuka,
      oh ya, kk' kmrn msk di grade 2 tu. gi mana cara'y kita tu tau kalau masuk di grade 1,2,3,4 atau 5?

      Delete
    20. Haha its oke its oke :)
      Taunya ya nanti pas pengumuman setelah tes^^ biasanya nanti di kasih tau lagi kapan harus dateng atau kapan harus terima berkas/email.

      Delete
    21. resti meiza ( devvy meiza resti )10 June 2013 at 20:58

      pas pengumuman setelah tes gak ada info ttg itu cma di ksh slip pembayaran uang kuliah, kalau masalah di kasih info buat ke UG lg tgl 25 juli itu pun PPSPPT...
      #rempong hahaha

      Delete
    22. Jadi setelah tes ga di ksh tau kapan bisa ambil hasilnya? ga di kasih tau apa ga denger hayoo? hahaha kalo ga salah pas keluar atau masuk ruang tes di kasih tau deh^^a
      PPSPPT jgn ampe ga masuk tuh.. ada info yg "lumayan penting" hehehe

      Delete
    23. resti meiza ( devvy meiza resti )11 June 2013 at 15:27

      dikasih taulah k',,
      waduh waduh mf k' ternyata aku nggk baca surat yang tulisannya di pojok :D
      #khilaf
      ternyata masuk grade B :D
      okeoke pasti datang pas PPSPPT " hihihihihi

      Delete
    24. Hahaha tuh kan ada.. iyee di maafin :p
      Selamaattt :) sibb jgn sampe lupa

      Delete
    25. resti meiza ( devvy meiza resti )11 June 2013 at 19:11

      :P
      mksh k' :)
      okeoke insya allah tak lupa :D

      Delete
  16. kak, kalo daftar melalui jalur PMDK itu persyaratannya apa ya?

    ReplyDelete
  17. gan mo nanyaa, kalo ane kan alumni jurusan smk semacam teknik mesin, kalo mau ngambil TI atao SI bisa nggan, trus tes reguler ada kpn lgi, makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan kalo mau ambil SI.. kalo TI coba tanya konternya aja deh langsung.. tutupnya pendaftaran masih lama kok :)

      Delete
  18. Om2 mau nanya donk itu Ujian masuk Gundar Formalitas aj or emng seleksi kaya Univ negri ??
    please om butuh pencerahan..
    soalnya klo tes semacam itu mending gw sekalian daftar ke negeri.. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ujian yg 2000 soal? itu ujian wajib. haha

      Delete
  19. Gan , pernah ada ga sih yang gak lulus ujian seleksi masuk gundar ?
    dan gara gara apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo itu sih tidak bisa di ceritakan.. karena itu termasuk aib, dan aib hanya ada di kisah-kisah misteri @.@ hahaha

      Delete
  20. bang , maaf nih saya mau nanya . kalo fakultas sistem informasi gunadharma bisa dari ips apa ngga?.

    kebetulan saya td buka web nya , disitu di tulis ips bisa tapi harus grade 1 ??

    terus kalo pendaftaran terakhir itu tanggal berapa yah? . saya nyari" ga ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya IPS dpt grade 2 kok waktu tes :)
      Pendaftaran lebih cepat lebih baik karena lebih cepat lebih murah(itungannya gelombang awal").. Penutupan sih bulan agustus entah akhir atau awal #lupa^^a

      Delete
  21. Replies
    1. Kalo share cheat UM gue takut ga work gan.. soalnya kan ga bisa gue tes walaupun ada hehe

      Delete
  22. Hebat bener critanya gan. ane jg dari IPS tahun ini masuk SI lewat PMDK. Koq bisa pada bikin grup fb? tau nama2 nya dari mana tuh??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah manteb gan :D
      Kita bisa ketemu dari grup facebook kampus Gunadarma nah di grup itu banyak yang berkoar "Woy kelas 1KA24 angkatan 2011 mana??" kebetulan gue liat jadi ketemu deh^^

      Delete
  23. nilai minimal untuk PMDK brapa ka??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata temen dan nyari di google, minimal nilai PMDK di Gunadarma 7.00 untuk pelajaran pendukung^^

      Delete
  24. Abang lintang yg terhormat :3 info buat pendaftaran terakhirnya dong bang ?...
    dan untuk 2000 soal itu ,bisa ga kalau ane ngerjainnya yg b.inggris doang ? ga ngaruh kan ya di penilaiannya ?
    pendidikan b.inggris ga ada ya di UG ? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pendaftaran terakhirnya kurang tau soalnya ga nentu suka sampe lewat tgl terakhir pun msh suka di buka lagi, tapi ga nentu sesuai jumlah mahasiswa aja..
      Boleh kok bahasa inggrisnya aja, ada donk sastra inggris :)

      Delete
  25. bang sorry nih mau nanya, buat daftar masuk UG bulan ini masih bisa ga bang?
    terus kalo di UG jurusan akuntansi nya kira" bagus ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih lah :D tapi jangan lama" yak takut uda penuh kuota :p wkwk
      Wezz baguslah.. temen gue ada yang jadi asisten di lab akuntansi^^

      Delete
  26. bang, ane mau nanya nih. ane juga mau sistem informasi kaya ente :maho tapi kira2 prospek kerjanya bagus ga bang? ntar kalo ane masuk, kita kenalan yaaa :maho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yg gue tau sih banyak alumni yang suka invite juniornya, dateng ke Gundar buat nawarin lowongan kerjaan buka stand gitu.. kata beberapa dosen juga nanti banyak yang manggil tapi tergantung kinerja entenya juga :p
      Busedd itu emot ngeri juga @.@ hahaha

      Delete
    2. Kalo ente udah ditawarin kerja belom bang? Secara kan udah alumni rada jebot :malu
      Ente kerja rodi eh kerja part time juga ga bang? Ane pengen part time biar ga melongos duit ane :3
      Ampun bang :maho

      Delete
    3. Wah belum tuh tapi sempet ngeliat ada stand pendaftaran lowker di kampus biasanya tiap tahun^^ siapa yg alumni rada jebot-.-?
      Paling ane kerja kecil"an gan macem ngerjain tugas temen sama jadi reseller :)

      Delete
    4. Umm, temen ente ada yg ikut part-time job ga bang? Maap ya banyak nanya, penasaran :malu ampun bang ._.v
      Wah, ente jualan juga bang? Di kaskus? :O

      Delete
    5. Kaga ada tuh bro.. ada yg kerja tapi ambil cuti ujung"nya..
      Wkwk woless ajee :)
      Jualan di blog ini sama di kampus hahaha

      Delete
  27. bro numpang nanya,
    kan saya test 2 hari lg, kira2 soalnya susah gak?
    soal mtk itu matei yg diujikan biasanya apa saja ya? jawab ya kak makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya uda pernah di jawab pertanyaan macem ini^^
      Ya soalnya random dari yg gampang sampe paling susah.. soal siswa SMP juga ada sampe soal yg ga pernah di temuin @.@

      Delete
    2. oh gitu..
      trus kalo gundar itu ada ekstrakulikuler apa aja ya kak?
      emang benar kalo masuk gundar rambut harus cepak :p

      Delete
    3. UKM maksudnya..? yaa macem".. catur, bridge, sepakbola, futsal, soft ball, volley ball, tenis meja, taekwondo, karate, silat, dll :)
      UKM bidang seni diantaranya paduan suara, teater dan fotografi. Beberapa contoh UKM di bidang ilmiah diataranya kelompok studi linux, web development, robot, ekonomi syariah, serta puisi dan sastra^^
      YOI~

      Delete
  28. bedanya jalur reguler sama pmdk apa si bang? pgen masuk gundar ni tapi diterima ga ya kira2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo reguler tuh di tes melalui ujian gitu kalo nilainya mencukupi baru boleh masuk.. sedangkan PMDK tgl kasih nilai rapot kalo bagus ya di terima langsung :)

      Delete
    2. trus caranya ikut PMDK itu gimana bang?

      Delete
    3. Bisa cekidot di link berikut http://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2013/index.php?stateid=static&substateid=pmdk :)

      Delete
  29. bro mau tanya, sebenarnya gundar punya brp lokasi kampus sih? saya baca di internet lumayan banyak, tapi saat saya dpt brosur gundar kok cuma ada kampus salemba, depok, karawaci sama kalimalang ya? mohon penjelasanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tiap daerah punya beberapa kampus, misal di Depok ada kampus D, E, G sama H.. kampus B, C ada di Salemba.. kampus J di Kalimalang.. kampus K di Karawaci.
      Emang ente mau regist di mana? :)

      Delete
  30. Kak mata kuliah semester 1 & 2 sistem informasi apa aja?

    soalnya gue ngambil jurusan SI di gunadarma pen tau dulu aja mata kuliahnya apa.
    sekalian twitternya biar di follow

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nih lengkapnya gan bisa cekidot langsung http://sap.gunadarma.ac.id/index.php?stateid=daftar&substateid=tamparku&idjur=7
      Twitter tgl klik di icon twitt yg ada di blog ini :)

      Delete
    2. itu mata kuliah semester 1 sampe akhir dari atas ke bawah berurutan kan?
      thanks infonya:)

      Delete
  31. Iya dari semester 1 tapi itu ascending cuma di urutin dari alfabet depannya.. jadi ga sesuai dari semester 1 sampe akhir...
    Sama" :)

    ReplyDelete
  32. ka,biaya kuliahnya brpa ya tahun ini buat akutansi ?
    trus pendaftaraannya masi ada ga ? "mohon dibantu yah kak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk biaya ane kurang tau soalnya berubah" apalagi tiap grade beda" hehe
      Pendaftaran masih ada sampe 1 minggu sebelum masuk kalo ga salah.. jangan terlalu telat biar ga mahal biasanya ada gelombang gitu jadi makin lama makin mahal^^

      Delete
    2. oke kak, trus kampusnya itu ditentuin ama gundar apa bisa kita yang milih sendiri mau dmna , a,b,c,dstt .. ?

      Delete
    3. Kampus tergantung mata kuliahnya.. kalo dosennya dapet di kampus margonda ngajarnya ya ente ke margonda hehe

      Delete
    4. ok ka, thx and God Bless You ..

      Delete
  33. oia jadi nanya mulu ni hehehe :p
    kalo soal buku gimana? dah dapet pas bayar uang semester apa beli lagi di gunadarma?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woles :)
      Buku uda dapet nanti di bagiin di pertengahan semester.. tapi beberapa dosen minta beli buku tambahan di luar biasanya.

      Delete
  34. Kak, di setiap kampus di UG ada Fakultas Psikologi atau hanya beberapa kampus doang? Info dooong! =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua jurusan punya hak buat nempatin kampus dimanapun kok jadi tiap jurusan bisa di kampus mana aja.. tergantung mata kuliah dosennya ngajar dimana.. termasuk Psikologi^^

      Delete
  35. Andre Rizqi Wiguna10 July 2013 at 09:10

    Test nya dulu itu MTK Bab apa saja ya ?... Bahasa Inggris juga Bab apa saja ya ?... Soalnya saya juga akan Test tgl 16 Juli ini dan mengambil Gunadarma Di Depok.
    Mohon Pencerahan nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo itu detailnya ane ga tau soalnya ngacak dari soal SMA sampe soal yg bikin keringet dingin haha.. di saranin tinggiin di bahasa inggris soalnya jauh lbh gampang dari matematiknya hehehe
      Btw ente siapanya arya wiguna? #eh

      Delete
  36. Kak, mo nanya.. pndaftaran nya masih buka? maap y sblmnya ;)

    ReplyDelete
  37. nice blog kak! saya tes senin besok nih :) boleh tanya ya? kira-kira kalo cewe ambil prodi manajemen informatika aneh gak sih? terus kira-kira prodi itu S1 nya prodi apa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih^^ Semangat!!
      aneh? sama sekali ga kok :)
      Buat prodi S1nya Sistem Informasi.. nih coba liat di bagian bawah deh http://sap.gunadarma.ac.id/index.php?stateid=daftar&substateid=tamparku&idjur=8 >> dari MI-D3 ke SI-S1 :) kalo mau ke jurusan lain(yg setidaknya msh ada hubungannya sama MI) harus ada rekomendasi dari jurusan sebelumnya.

      Delete
  38. Misi kak, pendaftaran gundar jalur pmdk masih di buka gk ya? soalnya baru mau daftar ni...
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampe agustus kok :) sama" bro^^

      Delete
    2. itu persyaratannya kira2 apa aja kk?

      Delete
    3. Coba deh cekidot disini http://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2013/index.php?stateid=static&substateid=pmdk :)

      Delete
  39. kak, kuota tiap tahun berapa tuh? tipe soal bahasa inggrisnya kaya gimana sih? tolong kasih tau yah, aku mau tes nih di gundar tanggal 22 juli ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuota di kampus tuh tergantung.. tiap taun nambah.. buktinya di kampus gedung nambah lagi pasti lebih banyak dari taun kemarin..
      Bahasa inggris ya macem" dari soal translate sampe soal rumus kata..
      Wah sukses yak :)

      Delete
    2. oh gitu yah kak.... :/ iya makasih kak, doain yah moga keterima di gundar :)

      Delete
    3. Kalo ada jawaban yang ragu mending di skip aja ganti soal lain.. AMIN :)

      Delete
    4. ooh gitu ya kak, makasih ya kak informasinya :)

      Delete
    5. kak, kalo masuk gundar itu sistemnya formalitas atau gimana?

      Delete
    6. Maksudnya? formalitas dlm hal apa?

      Delete
    7. dalam penerimaannya.. kadang kan ada sih universitas yang formalitas dalam penerimaan mahasiswa baru..

      Delete
    8. Hmm.. kalo penerimaan emang formalitas.. ada prosedurnya, dalem arti formalitas ngikutin aturan yg ada harus di jalanin^^

      Delete
    9. oh begitu toh.. yayayayaya :) makasih ya kak :)

      Delete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti lulus tahun 2013 kan? ya tentu boleh :) asal daftarnya jangan sampai telat dari waktu pendaftaran aja^^

      Delete
  41. kak, jalur pnerimaan PMDK kan g ada tes.a terus cara nentuin grade buat biaya gmn? jlr PMDK lbh mahalg sh dr pd jalur tes? mksiih. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari nilai waktu kelulusan SMA^^
      Justru kalo bagus biasanya di tawarin beasiswa :)

      Delete
    2. terus yang blh ikt jalur PMDK siapa aja kak(sswa" dr sklh" yg hanya direkomendasiin gundar apa sswa" dr sklh sma slrh Indonesia blh ikt asl nilai.a diats 7.00) ??

      Delete
    3. Sepertinya sekolah yg di undang sama Universitas aja.. tapi coba aja ngajuin diri.. tanya di loket pendaftaran soalnya saya juga kurang tau kalo ini^^"

      Delete
  42. Kak, kuliah di jurusan sistem informasi asik gak?
    Soalnya saya bsk mau tes disana, jurusan sistem informasi.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wezz assik banget bro :D
      oke sukses!! :)

      Delete
    2. Udah keterima kak, dpt grade AA di sistem informasi..
      Thanks kak.. :D hhaha..
      ohya kak, kalo boleh tanya, kos2an yg murah di depok dimana yah kak?

      Delete
    3. Wezz kerenn selamat yaakkk :D
      kosan yg murah sih tergantung nawarnya sama pemilik haha tapi kalo yg mau penuh sama anak gundar di gang kapuk, tepat di seberang kampus D Margonda^^ di situ juga pada masang jaringan jadi tiap kosan bisa saling komunikasi n sharing :)

      Delete
    4. Iya kak, mkasih.. :)
      ohya, saya udh dpt kosan di kelapadua, belakang kampus gunadarma.. :D hhaha..
      kakak skrang smster brpa?

      Delete
    5. Sama" :D
      Uda dapet? moga nyaman deh ama kosannya.. Kapan" bisa nih gue numpang makan di kosan situ hahahay
      Semester 5 bro :)

      Delete
    6. Bisa jadi.. bisa jadi..
      Hhaha.. :D
      wih, udh hebat pasti nih ilmunya.. :D

      Delete
    7. Hahaha kebanyakan nnton ESCETEPE nih anak :p
      Ilmu sih ga tergantung semester juga haha

      Delete
  43. gan gue mau daftar sistem komputer di gundar nih gue dari smkn 2 bogor jurusan TKJ kira2 bisa masuk ga? dan biaya gedung, sks, sama spp untuk tahun ini berapa ya? bisa dicicil ga? makasih gan maaf banyak nanya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bro daftar aja.. kalo bayar per semester bisa atau langsung lunas 6 semester bisa.
      Sistem Komputer (S1)
      Uang Gedung
      -Grade B = 13.000.000
      -Grade A = 10.500.000
      -Grade AA = 8.000.000
      Biaya /sem = 2.000.000+150.000/sks
      Kalo 1 semester mau di cicil jg bisa namanya pecah blanko :)

      Delete
    2. itu udah termasuk biaya praktik dan lain2 belum gan? kalo belum kira2 berapa biaya praktik dan lain2nya?

      Delete
    3. Praktik gratis sob cuma bayar SKSnya aja^^

      Delete
  44. ka saya baru lulus nih saya dari smkn 1 kab tangerang saya mau masuk gunadarama tapi saya bingung mau memilih jurusan IT atau SI , kalo saya masuk IT saya lemah di dalam matematika ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat di SMK jurusan saya multimedia

      Delete
    2. Yang ga bisa tuh dari jurusan ips bro.. kalo matematika lemah nilainya masih bisa di balap sama matakuliah laen^^

      Delete
  45. Kak, kalo kita daftar pmdk sekaligus reguler bisa nggak? Soalnya waktunya dah mepet klo nunggu pengumuman pmdk,, mohon pencerahanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok nanti yg PMDK di abaikan aja :)

      Delete
  46. gan lintang mau tanya ne

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu untuk buat kartu perseta/ name tagnya gimana ya?
      soalnya ane bingung, ada yang bilang diprint, ada yang blg di tulis tangan,binung
      ngikutin cara bang lintang aja gimana cara buatnya?
      jelasin ,terima kasih :)

      Delete
    2. Sorry bgt nih baru bales, kartu peserta ya di print sih biasanya. Kalo isi datanya di tulis tangan jg ga apa, di warung deket kampus kan ada yg jual tuh nametag uda jadi tinggal isi^^

      Delete
  47. Bang, gue anak Adm perkantoran nih di SMK48 nah kira kira jurusan di gundar yang cocok buat semacam jurusan di smk gue apa ya? *ceritanya calon sekertaris ngerti komputer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua jurusan di Gunadarma pasti belajar komputer walau porsinya beda"^^ Menurut gue sih masuk Ekonomi aja, belajar komputer jg kok :)

      Delete
  48. Bro...
    Ane lulusan 2011 mo daftar taun depan ajaran 2014/2015 bisa gak.???

    Thank's...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok bro, lulusan taun '45 jg bisa haha :D

      Delete
    2. trus buka pendaftaran tahun ajaran 2014/2015 kapan nih.???
      thank's atas info'ny...

      Delete
    3. http://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2013/index.php?stateid=daftar <<rajin" cek ini nti :)

      Delete
  49. gunadarma ada beasiswa apa aja sih buat 2014/2015?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa liat berita studentsite gunadarma disini >> http://studentsite.gunadarma.ac.id/login.php ^^

      Delete
  50. Kapan pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2014/2015?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sekarang blum di buka lg di tunggu aja, liat link di komen atas^^

      Delete
  51. Bro gmn udah ada info pndaftaran tahun 2014.???
    Thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pendaftaran Mahasiswa Baru 2014/2015 dibuka Maret 2014. Untuk informasi lebih lanjut --> http://pendaftaran.gunadarma.ac.id :)

      Delete
  52. Bang Lintang,

    Minta saran dong, kira kira di UG jurusan yang prospek kerjanya paling mendukung apa Management, Sistem informasi, atau ilkom,

    terus UG buka jalur beasiswa ngga ?
    untuk jurusan SI, Ilkom dan management kampusnya dimana yah ?
    Makasih bang, maaf banyak nanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beasiswa iya.. itu semua fakultas dimana aja soalnya sistem di gundar tuh ga kayak kampus trisakti. Prospek kerjanya ya tergantung pengalaman di kampus jg bisa kerja jadi org dalem yg ngurusin data atau administrasi^^

      Delete
    2. Terus bang kalo, ngambil jurusan sistem informasi banyak itungannya ngga ?

      Delete
    3. Lumayan banyak karena ada mata kuliah yg itung"annya juga biar logika kita nambah :)

      Delete
    4. Tapi itungannya pake rumus ngga ? terus kompleks apa ngga bang itungannya ?
      Takut ngga kuat nih bang :(

      Delete
    5. Yang pasti kalo lulusan IPA enak karena nanti matematikanya yg lanjut trus ada fisika, kimia.. Gue sendiri dari IPS sempet kewalahan tp bisa adaptasi kok pelan" dosen di awal" masih enak selow :)

      Delete
    6. Serius bang ada fisikanya sama kimia ? Terus dosen yang di akhir gimana ?

      Delete
    7. Iya nti ada lab fisika yg lumayan ribet n nyusahin haha.. Dosen yg akhir blom ngerasain lah sekarang aja baru smester 5 :p

      Delete
    8. Yaudah deh bang,
      Makasih infonya yah bang lintang. Semoga ntar bisa ketemu di UG

      Delete
  53. Bro ane mau nanya...
    Di gundar kan udah buka penerimaan mahasiswa baru'ny untuk yg reguler...
    Trus tes'ny kan 6 februari, sedangkan ane ini masih kerja n bru cuti akhir maret...
    Kira2 ada tes yg bulan maret gak yaa bro.???
    Soal'ny ane udah bayar pendaftaran...
    Ada nomer bagian informasi di gundar gak bro biar ane bs tanya langsung...
    Thanks...

    ReplyDelete
  54. Misi gan, ane mau tanya. Kan besok ane test tgl 6 feb nah dapet tempat tes di kampus depok. Tapi sampe skrg ane belom dapet jadwal ujian. Biasanya test nya jam berapa ya gan? Dan kalo kesana pake baju bebas aja apa gimana? Makasih banyak gan mohon dibalas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Macem kaskus yee gan haha
      lah biasanya di email atau di sms atau di kasih kartu tanda ujian uda ada jadwalnya disitu sama peraturannya, waktu kasih data dirinya bener ga? nanti malah nyasar lg sms atau emailnya. Pake pakaian sopan macem kemeja, bawahan bahan kalo bisa hitam, spatu tertutup.

      Delete
  55. Gan.. bisa minta info untuk Gelombang Pendaftarannya ?
    tku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo itu langsung ke counternya aja ane jg kurang tau gan^^

      Delete
  56. assalamualaikum kak Lintang :D

    mau tanya pendaftaran UG jalur PMDK batasnya sampai kapan ya kak? soalnya pengen coba ikut SNMPTN dulu, kalo ga masuk snmptn baru ke UG deh.
    oya terus kalo di UG ada ospeknya gak sih kak? :p saya pengen masuk SI UG nih hehe saya dari IPS, pas baca postingan kakak jadi pengen masuk SI. kebetulan suka ngitung2 sama komputer juga.

    thaaank youu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Shalom dek Shifa :D
      Untuk pendaftaran infonya bisa liat disini>> http://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2014/
      Oke deh lanjutkan^^b
      Ospek ada kok tp ga parah tenang ajaa :D *di baca ga sih ini postingan-.- haha
      Wah bagus tuh kesukaannya di terusin yah.. sama" :)

      Delete
  57. PMDK itu minimal berapa bang nilai nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu sih 7.00 tp kurang tau sekarang uda berubah atau belum, bisa tanya di konter :)

      Delete
  58. kaa aku mau tanya aku mau msk SI UG , kira2 nilai biar kita masuk grade AA berapa? trus tesnya emg cuma dikampus depok aja ka dikarawaci bsa gak? satu lagi pembayarannya tiap semst. cuma sekalivatau bsa beberapa kali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nilainya kurang tau juga soalnya tiap tahun kan pasti di ubah data soal sama penilaiannya, yg pasti kerjain soal sebanyak"nya tp harus betul yah ga bole asal.
      Wahh ane sih ga pernah ke Karawaci jd ga tau jg disana ada atau engga tempat testnya..
      Pembayaran bisa langsung lunas 6 semester dpt potongan gede+dapet laptop sama embel" yg lain.. bisa jg persemester.. bisa jg 1 semester di cicil lg tiap berapa bulan gtu macem kredit :) *namanya pecah blanko hehe

      Delete
  59. Bang postingannya bagus sekali nih, saya jg mau nanya kalo untuk MABA tahun 2014 masuk kuliahnya tanggal dan bulan apa ya kira kira? Apa tgl 1-10 agustus sudah masuk kuliah soalnya kan masih masa lebaran tuh ane takutnya belum pulang mudik hehehehe mohon infonya kang, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoo makasih :)
      Ga tentu masuknya soalnya Gundar kan banyak mahasiswanya, kalo yg daftar terus nambah kemungkinan agak lamaan masuknya, ga jauh" dari Agustus sih.. nih email konter pendaftaran yg baru di buat bisa hubungin ppmb@gunadarma.ac.id :)

      Delete
    2. Terima kasih banyak bang, berarti kemungkinan awal agustus belum masuk ya...

      Delete
  60. Bro kok pendaftaran.gunadarma.ac.id kok gak bs d buka yaa akhir2 ini.???
    Thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau deh tumben ini lg eror.. web library Gunadarma jg lg eror databasenya.. sabar aja yaa kalo emang buru" langsung ke konter pendaftaran aja :)

      Delete
  61. Kk kalo SI mata kuliahnya apa aja?
    Ada kalkulus g?, soalnya saya paling g bisa sama kalkulus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada cuma di mata kuliah Matematika Lanjut kok :)

      Delete
    2. Berarti di SI ada matematikanya juga ya?
      Maaf kebanyakan tanya soalnya mau masuk gundar tapi takut salah masuk fakultas

      Delete
    3. Ada soalnya biar logika kita jalan, nanti kan kita blajar syntax tuh. Kalo masuk SI ya ilangin semua perasaan disini maennya logika coy :v haha iya gpp woles :)

      Delete
  62. kak, mau nanya, pendaftaran UG PMDK terakhir kapan ya? soalnya mau nunggu hasil snmptn dulu, pengen masuk UG sih, aku nyari info nya gak ketemu, bisa tolong dijawab kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo terakhir pendaftaran PMDK mending langsung tanya ke bagian pendaftaran aja karena cuma disana yg tau infonya :)

      Delete
  63. Gan ? Mau tanya ni,
    ane kmaren udah lulus seleksi PMDK di Gunadarma, yang pengen ditanyain itu kalo kita sudah bayar yang semester 1 nya, tapi tidak jadi mengambil, uangnya bisa diambil kembali atau tidak ?

    ReplyDelete

Copyright © ✖Kentang~Begadang✖Redesign by Djogzs