Posted by : Lintang Pamungkas 9 Sep 2012


Jakarta, Ketika pikiran sedang stres dan suasana hati sedang tidak enak, bau kentang panggang bisa menjadi obat paling mujarab. Menurut penelitian, bau kentang panggang bisa memicu reaksi di otak yang membuat seseorang merasa lebih bahagia.
Dr Avinash Kant, seorang pakar bebauan dari University of Nottingham mengatakan bahwa aroma tertentu bisa mengubah mood atau suasana hati seseorang. Baru-baru ini, ia membuktikan bahwa aroma kentang yang dipanggang dengan cara tertentu bisa membuat orang jadi lebih bahagia.
Untuk membuktikannya, Dr Kant membawa sekelompok relawan ke tempat pemanggangan kentang. Kentang-kentang dipanggang dalam microwave dengan suhu 140 derajat celcius selama 1 jam, lalu para partisipan ditanyai apa saja yang sedang dipikirkannya.
Dalam eksperimen tersebut, terungkap bahwa aroma kentang panggang bisa membangkitkan kenangan-kenangan positif di masa lalu. Kenangan yang paling sering muncul antara lain kakek atau nenek yang paling disayang serta kenangan makan bersama-sama keluarga.
Namun efek yang disebut Dr Kant dengan istilah Maliard Effect ini tidak muncul jika suhu pemanggangan kurang dari 130 derajat celcius. Demikian juga waktunya, aroma kebahagiaan tidak akan muncul jika hanya dipanggang selama 15 menit karena waktu yang dibutuhkan paling sedikit 1 jam.
"Aroma makanan dan pengenalannya merupakan sebuah fungsi otak yang kompleks yang baru-baru ini saja mulai kita pahami. Kenangan positif yang muncul ditentukan oleh peristiwa yang terjadi saat pertama kali mencium aroma tersebut," kata Dr Kant seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (4/4/2012).
Menurut Dr Kant, terbentuknya reaksi kimia di otak yang membuat seseorang merasa bahagia terjadi di luar kesadaran. Karenanya jika seseorang sengaja memanggang kentang dengan tujuan hanya untuk membahagiakan diri, belum tentu efek ini akan muncul.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © ✖Kentang~Begadang✖Redesign by Djogzs