Posted by : Lintang Pamungkas 9 Sep 2012


YOGYAKARTA - Berbagai kasus keracunan makanan biasanya akibat kesalahan penyimpanan yang membuat makanan menjadi basi. Ada beberapa bahan tambahan makanan yang berbahaya apalagi kalau dikonsumsi dalam jumlah banyak, lama bahkan kondisi basi seperti sakarin, natrium benzoat, dan monosodium glutamat.
Berdasar fakta tersebut, mahasiswa F MIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) masing-masing Laila Nurhayati, Maisel Priskila Sisilia dari Prodi Pendidikan IPA dan Dwi Putri Erlinda S dari  Prodi Matematika  membuat bola kentang (Solanum tuberosum L) camilan bergizi  yang bisa sebagai penawar racun. Makanan itu mereka namai ''Bokent''.
''Di Indonesia banyak bahan makanan yang berpotensi menjadi penawar racun dalam tubuh akibat bahan kimia salah satunya kentang. Kentang (Solanum tuberosum L) adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan. Selain mudah diperoleh, kentang mengandung berbagai vitamin dan mineral serta Karotenoid dan Polifenol,'' papar Laila.
Ia menuturkan, kentang dengan kulit ukuran sedang 150 gram dengan kulit memberikan 27 mg vitamin C (45% dari nilai harian), 620 mg potasium (18% ), 0,2 mg vitamin B6 (10% ) dan melacak jumlah thiamin, riboflavin, folat, niacin, magnesium, fosfor, besi, dan seng. Isi serat kentang dengan kulit (2 g) adalah setara dengan banyak roti gandum, pasta dan sereal.
Sebelum membuat bola kentang, mereka melakukan percobaan menggunakan tiga sampel bahan kimia dengan tiga konsentrasi yang berbeda dan tiga keadaan kentang yang berbeda pula. Sampel Bahan Tambahan Pangan (BTP) dalam penelitian ini adalah siklamat, natrium benzoat dan monosodium glutamat. Pemilihan sampel BTP berdasarkan fakta bahwa banyak ditemukannya makanan yang menggunakan BTP tersebut.
Kentang mengandung mineral natrium dengan kadar alkalin yang cukup tinggi dan dapat berfungsi untuk meningkatkan pH yang terlalu asam di dalam tubuh. Hal ini akan membuat aktivitas hati menjadi lebih baik, jaringan menjadi elastis dan otot menjadi lentur. Juga menghasilkan keluwesan tubuh dan berguna untuk proses peremajaan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © ✖Kentang~Begadang✖Redesign by Djogzs