Posted by : Lintang Pamungkas 10 May 2012

Haii Potalovers terima kasih sebelumnya telah datang ke blog Ane ini. Kali ini Ane mau membahas seputar Kentang haha, masa nama blog KentangBegadang tapi ga ada bahasan Kentangnya :P
Yuk mari kita bahas lebih lanjut mengenai Kentang dari beberapa segi, seperti pengetahuan tentang Kentang yang jarang kebanyakan orang tau,  sampai nyangkutnya si Kentang ke dalam bidang kesehatan.

Berikut bahasan Kentang dari beberapa referensi :

Kentang, Potato ( Solanum tuberosum L ) adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut “kentang” pula. Umbi kentang sekarang telah menjadi salah satu makanan pokok penting di Eropa walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan. Kentang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya yaitu jika umbi ini merupakan penawar racun alami asam yang berlebihan atau asidosis. Kentang penting membantu pertumbuhan bakteri dalam saluran pencernaan tubuh kita. Kandungan garam alkali menjadikan kentang sebagai salah satu makanan basah yang paling kuat, karena itu kentang sangat berguna untuk menjaga cadangan alkali tubuh. Kentang mempunyai banyak khasiat. Diantaranya Potassium, vitamin C, membekalkan karbohidrat komplek dan fiber dan pengawalan tekanan darah. Ia juga mengandungi vitamin B1,B2 dan B3 serta sedikit kandungan protein dan zat besi.

Kandungan potassium kentang, dua kali lipat dari kandungan potassium dalam pisang dan fiber. Jumlah lemaknya di bawah paras 25%, sehingga dapat menghalang endapan kolesterol di dalam lapisan saluran darah. Kentang cocok bagi yang mengalami kekurangan gula dalam darah. Selain itu kentang merupakan sumber terbaik dalam pembentukan zat besi dalam darah. Menjamin sistem ketahanan badan, karena kandungan vitamin serta kalsium yang tinggi. Berdasarkan penelitian yang lebih pada banyak pakar, kentang ini ternyata mampu meyetarakan manfaat kopi yang baik bagi kesehatan.
Di dalam kentang ini terkandung antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Sebagaimana kita ketahui, antioksidan sangat baik bagi kesehatan jantung. Dan mampu melindungi tubuh dari bakteri jahat.


Dibawah akan di jelaskan banyak sekali Manfaat dari Kentang~
Yuuukkkk Cekidott >.<


    Menghaluskan telapak tangan
Bahan:
    Satu umbi kentang
    Satu buah jeruk nipis
Cara Membuat: Bersihkan satu umbi kentang dengan air dan kupas. Setelah itu parut. Setelah parutan tersebut lumat, gosok-gosokkan pada telapak tangan secara berulang-ulang. Biarkan parutan tersebut melekat di telapak tangan kira-kira 20-30 menit. Setelah itu, ambil jeruk nipis. Belahlah menjadi dua dan gosokkan pada telapak tangan sampai bersih.


    Membersihkan bercak pada kulit
Bahan:
    Satu umbi kentang
    Air secukupnya
    Sesendok madu
Cara Membuat: Bersihkan umbi kentang, kupas dan potong-potong menjadi kecil. Masukkan potongan kentang dalam juicer. Beri sedikit air untuk membantu proses pelumatan. Minumlah jus kentang sekaligus. Lakukan selama beberapa hari. Sehari satu gelas sampai bercak hilang.


    Menghilangkan jerawat
Bahan:
    Satu umbi kentang
Cara Membuat: Bersihkan kentang dan kupas. Setelah itu, iris tipis-tipis kira-kira 3 milimeter. Sebelum memakainya, Anda harus mencuci muka dahulu sampai bersih. Tempelkan irisan kentang pada bagian yang berjerawat. Biarkan kentang menempel hingga berwarna keabu-abuan dan kering. Lakukan setiap hari menjelang tidur malam.


    Menghaluskan kulit
Bahan:
    Dua umbi kentang
Cara Membuat: Setelah kentang dibersihkan dan dikupas, barulah diparut dan dilumatkan sampai lembut. Sebelum dioleskan pada kulit muka, bersihkan dulu muka Anda dengan air. Kemudian, oleskan seluruh parutan pada kulit muka sampai merata. Biarkan parutan melekat di kulit sampai kira-kira satu jam. Setelah itu, bersihkan dengan air.


    Menghilangkan bisul di kepala
Bahan:
    Satu umbi kentang
Cara Membuat: Setelah dibersihkan dan dikupas, kentang diparut dan dilumatkan sampai lembut. Tempelkan parutan kentang tersebut pada bisul dan biarkan melekat sampai kering. Bila belum mengempis, tempeli lagi dengan parutan kentang.


    Menghilangkan bengkak di bagian mata
Bahan:
    Satu umbi kentang
    Kain tipis yang bersih seukuran sapu tangan.
Cara Membuat: Setelah kentang dibersihkan dan dikupas, barulah diparut dan dilumatkan. Bungkus parutan kentang dalam kain. Tekankan bungkusan tersebut pada bagian mata yang membengkak agak kuat supaya air kentang keluar membasahi kulit yang bengkak. Lakukan berulang kali tindakan tersebut.
Kesehatan


Kandungan Nutrisi Kentang
Kentang adalah sumber karbohidrat. Ia juga kaya mineral dan vitamin. Khasiat dari kentang antara lain adalah mencegah kanker, pengobatan asam urat, ginjal, sistem lambung dan jantung, untuk kesehatan lever, jaringan otot, untuk proses peremajaan kulit.

Kandungan gizi kentang dalam 100 gr kentang antara lain: Protein 2,00 gr, lemak 0,30 gr, karbohidrat 19,10 gr, kalsium 11,00 mg, fosfor 56,00 mg, serat 0,30 gr, besi 0,30 mg, vitamin B1 0.09 mg, vitamin B2 0,03 mg, vitamin C 16,00 mg, dan niacin 1,40 mg.
( Banyakk nyaaaaa?! )


Manfaat Kentang yang lain :

1. Kentang Baik untuk Berat badan
Kentang kaya akan karbohidrat dan kurang protein. Hal ini menjadikan kentang makanan yang ideal bagi mereka yang ingin meningkatkan berat badan. Vitamin yang terkandung dalam kentang seperti vitamin C dan B kompleks juga penting untuk penyerapan karbohidrat.

2. Perawatan kulit
Vitamin-C, Vitamin B-kompleks dan mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, dan seng adalah sumber yang baik untuk kesehatan kulit. Ampas kentang yang dilumatkan dan dicampur dengan madu, juga dapat digunakan sebagai pembersih keriput dan noda kulit lainnya akibat penuaan.

3. Peradangan
Nutrisi yang terkandung dalam kentang seperti vitamin C, vitamin B dan potasium adalah sumber yang baik untuk meredakan peradangan, baik internal maupun eksternal seperti radang usus dan sistem pencernaan. Karena lembut dan mudah dicerna membuat kentang makanan yang baik bagi mereka yang memiliki luka mulut.

4. Rematik
Beberapa nutrisi seperti vitamin, kalsium dan magnesium dalam kentang dapat membantu mengurangi rematik.

5. Fungsi otak
Kinerja otak sangat tergantung pada pasokan oksigen, kadar glukosa, magnesium, vitamin B kompleks dan beberapa hormon, seperti asam amino dan asam lemak seperti omega-3 asam lemak. Kentang memenuhi hampir semua kebutuhan yang disebutkan di atas. Selain itu, kentang juga mengandung zat tertentu seperti seng dan fosfor yang baik untuk otak juga.


Berbagai Khasiat Kentang:

    Menurut penelitian, jus kentang mentah bisa membantu mengurangi penyakit yang menyerang sendi-sendi( arthritis), radang otot ( rematik). Sakit yang disebabkan salah urat atau terkilir, luka-luka kecil dan luka bakar ringan dapat dilegakan dengan cara menempelkan irisan kentang pada luka atau nyeri yang dirasakan selama 15 menit atau lebih.
    Saos kentang yang digunakan untuk saos salad, dipercaya bisa mengurangi luka, mengurangi rasa sakit, serta pencemaran bakteri. Parutan kentang yang ditempelkan pada kelopak mata, mampu menghilangkan noda hitam pada mata( dark circles) dan sekitarnya dicampur berdama krim, bisa memperlambat kerut dimuka.

    Kentang telah menjadi sahabat semua orang, yang sedang mengatur pola makan. Sehingga kentang bisa menjadi menu alternative untuk diet, sebab kentang dipercaya kaya karbohidrta pengganti nasi bagi Anda yang kini sedang menjalankan diet.
    Vitamin C nya juga terkenal pereda gangguan penyakit yang sudah dilakukan sejak zaman nenek moyang. Anda yang menderita kutil, segera oleskan potongan segar kentang mentah pada kutil.
    Kentang sangat cocok bagi Anda yang memiliki penyakit maag atau sering mengalami sakit karena kelebihan asam lambung. Sebab dalam kentang terkandung atropine yang dapat emmbantu mengurangi asam lambung dan mengurangi sakit pada lambung.
    Biasanya zat lysine tidak terdapat pada nabati, tetapi didalam kentang terdapat lysine yang sangat penting dalam pertumbuhan badan dan otak. Dengan kentang kita dapat mengkonsumsi Vitamin C secara mudah. Karena vitamin C didalam kentang tidak hilang setelah masak karena dikelilingi oleh sari pati. Walaupun kalorinya cukup rendah, kentang dapat menyebabkan kegemukan Karena adanya Glycemic Index.


Khasiat Kulit Kentang
( Whoaa kulitnya juga punya khasiat!? )
Kulit kentang menyimpan banyak nutrisi dan juga mengandung banyak serat, yang sangat penting untuk diet yang sehat. Membiarkan kulit pada kentang juga membantu menjaga nutrisi dalam daging dari kentang, yang memiliki kecenderungan untuk melarikan diri selama memasak. Berdasarkan pada tahun 2000 kalori diet, kentang panggang yang besar, termasuk kulit, memiliki 278 kalori. Hanya 3 dari kalori dari lemak. Kentang panggang mengandung hanya 1% dari tunjangan lemak dianggap sebagai bagian dari diet yang sehat, dengan 0% dari ini menjadi lemak jenuh.

Cara memilih dan menyimpan Kentang yang benar

Memilih kentang mudah saja. Pilih yang masih keras dan mulus kulitnya, tidak banyak matanya. Hindari yang bernoda kehijauan karena itu indikasi kentang mengandung solanin dan kadang pahit rasanya.

Untuk penyimpanan tidak dianjurkan menyimpan kentang di kulkas. Letakkan saja di tempat kering dan sejuk. Jangan mencuci kentang kalau akan disimpan. Dengan teknik penyimpanan yang benar, kentang akan tahan hingga 3 bulan.

Ingat tuh Potalovers, jangan pernah ragu untuk mengkonsumsi kentang dua kali sehari yaa. Karena akan mendapatkan manfaat baik yang sangat luar biasa dan mampu menurunkan berat badan. Diet dengan kentang juga sangat aman bagi penderita sakit maag.


Terima kasih sudah membaca artikel ini

{ 10 comments... read them below or Comment }

  1. follow back,
    http://technobasespace.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Hehehehe ternyata kentang itu banyak sekali manfaatnya ya? :) semoga dengan ane agak sering makan kentang jadi lebih semangat blogging? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yomaaannnn LANJUTKAN semangat bloging ente! klo bisa sambil ngemil kentang :D
      hahaha

      Delete
  3. Replies
    1. iya bro banyak hanya aja masih banyak org yang belum tau^^

      Delete
    2. dapt referensinya dari mana gan????

      Delete
    3. Banyak gan.. ane rangkum semua yg pastinya berawal dr google :)

      Delete
  4. kalau referensi dari buku ada gak gan???buat tugas akhir gan... thankzzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini beberapa emang dari buku tapi uda di jadiin artikel online sama orang.. gue waktu itu ngeliat orang ngambil dari buku kok referensinya^^

      Delete

Copyright © ✖Kentang~Begadang✖Redesign by Djogzs