Posted by : Lintang Pamungkas 20 Oct 2012


Kali ini Gue Mengikuti Kontes SEO Yukinote yang di selenggarakan oleh Yukinote mengenai Anime dan Manga.
Di karenakan topiknya jepang dan tema blognya Vocaloid jadi Gue bahas aja Vocaloid dan Hatsune Miku :D
Semoga bisa menang! Dukung Gue yak! dalam lomba Yukinote ~ reviews anime dan manga bahasa Indonesia

Yuk mari cekidot postingannya di bawah :D


Vocaloid (ボーカロイド?) adalah perangkat lunak produksi Yamaha Corporation yang menghasilkan suara nyanyian manusia. Komposisi musik dan lirik dimasukkan di layar penyunting sesuai nyanyian dan iringan musik yang diingini. Suara nyanyian diambil dari "pustaka suara" yang berisi sampling rekaman suara dari penyanyi sebenarnya. Lirik lagu dinyanyikan dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang.
Yamaha tidak menjual Vocaloid secara terpisah, melainkan dibundel dengan pustaka suara produksi perusahaan pustaka suara yang mendapat lisensi Yamaha. Vocaloid berasal dari kata "vocal" dan "android".
Perangkat lunak ini pertama kali dirilis Yamaha pada 26 Februari 2003. Teknik yang dipakai adalah Penyambung dan Pembentuk Artikulasi Nyanyian dengan Domain Frekuensi (Frequency-Domain Singing Articulation Splicing and Shaping). Sampling rekaman suara penyanyi profesional diolah dengan metode domain frekuensi. Hasilnya dimasukkan ke dalam basis data "artikulasi nyanyian" yang berisi potongan suara dan teknik bernyanyi.


Hatsune Miku adalah produk perangkat lunak yang menghasilkan suara nyanyian wanita, dirilis 31 Agustus 2007 oleh salah satu anak perusahaan Yamaha Corporation, Crypton Future Media. Nama Hatsune Miku sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berarti pertama ( hatsu?), suara ( ne?), dan masa depan Miku (ミク?) yang merupakan nanori dari mirai (未来?). Penggabungan kata-kata tersebut secara harfiah berarti "Suara Pertama Dari Masa Depan" karena dia adalah penyanyi pertama dari serangkaian penyanyi "Character Vocal Series" yang diproduksi oleh Crypton. Suara Miku berasal dari sampling suara Saki Fujita(藤田 Fujita Saki?), seorang pengisi suara dari Jepang. Hatsune Miku juga melakukan konser-konser di atas panggung sebagai proyeksi hologram.
Hatsune Miku adalah Vocaloid generasi kedua yang dianggap paling populer di seluruh dunia. Sebuah versi update dari Miku yang disebut Hatsune Miku Append dirilis pada 30 April 2010, berisi 6 macam model suara dari Miku: soft (lembut), sweet (kekanakan),dark (dewasa), vivid (bersemangat), solid (tinggi), dan light (polos).
Sebelum Miku dirilis, Vocaloid tidak lebih dari sebuah program yang tidak dikenal. Nico Nico Douga, sebuah situs video di Jepang yang mirip YouTube memiliki peranan penting hingga perangkat lunak ini menjadi terkenal. Segera setelah dirilis, pengguna Nico Nico Douga mulai menampilkan video yang berisi lagu yang dibuat dari perangkat lunak tersebut. Menurut Crypton, sebuah video populer yang merupakan parodi, berisi Miku memegang daun bawang dan menyanyikan lagu Ievan Polkka, menunjukkan bahwa aplikasi ini bisa mempunyai banyak kemungkinan penerapan, meskipun pada awalnya Miku hanya dirilis untuk menyanyikan lagu-lagu berbahasa Jepang. Melalui situs NND (Nico Nico Douga), para pengguna Miku mulai bekerja sama, saling bertukar ide, menampilkan karya mereka yang masih setengah jadi, dan akhirnya diperbaiki oleh pengguna lain.
Pada 18 Oktober 2007, sebuah forum Internet melaporkan bahwa Miku diduga menjadi korban sensor oleh Google dan Yahoo!, karena gambar Miku tidak tampil dalam hasil pencarian. Namun hal ini segera dibantah oleh Google dan Yahoo, dan mereka menyatakan telah terjadi masalah dengan sistem yang mengakibatkan tidak hanya kata kunci "Hatsune Miku", tetapi kata kunci lainnya tidak dapat ditampilkan. Kedua perusahaan menunjukan niat mereka untuk segera memperbaiki dan mencari solusi untuk masalah ini. Pada 19 Oktober, gambar dari Hatsune Miku mulai ditampilkan pada halaman pencarian Yahoo.
Pada tahun 2012, Hatsune Miku menjadi pemenang dari ajang Olimpiade London 2012 "Idola dan Ikon Virtual Yang Kamu Idolakan" tetapi dengan kemenangan itu Hatsune Miku juga menjadi korban penghapusan massal video-video yang berkaitan di Youtube, karena video Hatsune Miku dinilai tidak pantas. Tetapi sebenarnya tidak. Para pecinta Vocaloid-pun berupaya mengunggah kembali video-video yang dihapus dan memberikan pesan untuk tersangka dibalik peristiwa itu untuk tidak mengusik Hatsune Miku lagi.

Kalau lu pada mau ikut ini kontes hadiahnya udah menunggu nih, berikut klasifikasinya :


Hadiah 
1. 3 poin tertinggi 
+30 Join This Site 
+30 Reviews Alexa
+30 Like fanspage
+30 follower

2. 5 poin tertinggi setelah nya. 

+20 Join This Site 
+20 Reviews Alexa
+20 Like fanspage
+20 follower

3. 7 poin tertinggi lagi setelahnya. 

+10 Join This Site 
+10 Reviews Alexa
+10 Like fanspage
+10 follower

4. Hadiah Tambahan 

Jika kalian mengikuti kontes ini dengan 2 blog, maka masing-masing blog akan langsung dapat +2follow 

5. Hadiah Khusus 

pasang 3 Banner ukuran 400x125 pada Home.

6. Hadiah artikel Terbaik

3 artikel termenarik akan memperoleh masing 10k pulsa. 

Jadwal Kontes, hayo ikut sebelum terlambat! :D

Pendaftaran 18 Oktober 2012 - 20 November 2012
Kontes SEO 18 Oktober 2012 - 30 November 2012 
Pengumuman Pemenang 1 Desember 2012

{ 10 comments... read them below or Comment }

  1. Selamat berlomba sob, semoga jadi yang terbaik... :)

    ReplyDelete
  2. Sukses ya sobat buat kontesnya :)

    Salam Blogger.

    ReplyDelete
  3. sob, maaf berkomentar disini:)
    blog ente udah ane follow,
    VMB (visit me back ) nd follow me ya sob:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya follow balik bro :) terima kasih sudah berkunjung :D

      Delete
  4. mampir untuk membantu meramaikan blog ini ^_^

    #Salam sukses dari Yousake NKRI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah visit ke sini :D
      sukses juga buat anda! :D

      Delete

Copyright © ✖Kentang~Begadang✖Redesign by Djogzs