Posted by : Lintang Pamungkas 30 Sep 2012

Potalovers! ternyata Nina di lagu 'Nina Bobo' ini anak perempuan blasteran Indonesia-Belanda yg lahir di tahun 1871. Nama lengkapnya Helenina Mustika Van Rodjnik. Ibunya orang Jawa, sehari-hari kerja sbg penari. Bapaknya Belanda, namanya Kapten Van Rodjnik
Kabarnya sejak si Helenina masih bayi, dia selalu susah tidur. Setiap mau tidur selalu berontak dan nangis-nangis karena susah tidurnya si Helenina tadi, ibunya selalu nyanyiin senandung kecil buat mancing Nina tidur, lama kelamaan Helenina jadi terbiasa harus dinyanyiin dulu sebelum dia tidur. Setiap malem kalau nggak dinyanyiin dia nggak bisa tidur Karena kebiasaan ini, Kapten Van Rodjnik minta sama istrinya untuk sekalian ngebuat lirik penenang,  supaya Helenina dan Van Rodjnik bisa ngerti karna di rumah mereka banyak nyamuk, dibuatlah lirik Nina Bobo kayak yg sekarang sering kita denger Di tahun 1875, Helenina sakit parah, demam tinggi. Gara-gara sakit itu, dia nangis setiap malam Sakitnya Helenina berkepanjangan. si ibu tiap malam terus-terusan nyanyiin Nina Bobo supaya si Nina bisa tidur. Sampai akhirnya di tahun 1878 Helenina meninggal, waktu itu umurnya masih 6 tahun. Keluarga Van Rodjnik sedih, ibunya engga bisa nerima kematian Helenina Seminggu setelah kematian Helenina, Kapten Van Rodjnik ngedapetin istrinya nyanyiin lagu Nina Bobo di kamar mandi. Suaranya menggema, Setelah ditanya Kapten, istrinya bilang kalau dia ngedenger Helenina nangis di situ. Jadi dia inisiatif buat nyanyiin Nina Bobo.Setelah kejadian itu, karena sedih dan ngerasa kehilangan, ibu Helenina masih suka nyanyiin lagu Nina Bobo selama bertahun-tahun. Sampai akhirnya Ibu Helenina (yg namanya Mustika) meninggal di tahun 1929 Setelah kematian Ibu Mustika dan Helenina, Kapten Van Rodjnik tinggal sendirian di rumah tadi. Katanya ada beberapa kejadian yang menimpa si Kapten Pernah beberapa kali Kapten Van Rodjnik ngedenger suara bayi nangis, tapi dia nggak perduli dan langsung tidur. Akhirnya beberapa kali juga dia Beberapa kali juga dia kebawa mimpi tentang anak kecil nangis. Mungkin si Helenina tadi. Sampai puncaknya di suatu malem, Kapten ngedenger suara anak kecil nangis lagi. Tapi dia nggak perduli dan langsung tidur. Akhirnya pas tengah malem si Kapten dibangunkan oleh tangan anak kecil umur 6 tahun yang nangis-nangis. Mungkin itu si Helenina. Katanya si anak ngebangun sambil ngomong. Yang kira-kira bunyinya, "Papa.. Kok papa nggak nyanyiin buat Nina?" Setelah malam itu, pikiran Kapten jadi keganggu. Akhirnya dia selalu nyanyiin lagu itu sendirian di kamarnya tiap malam, sampai dia meninggal


Nina Bobo~
Oooo~
Nina Bobo~
Kalau tidak Bobo digigit Nyamuk~


Nah, kembali ke topik membahas Asal Mula Lagu Nina Bobo, ada teori yang menyatakan lagu Nina Bobo berasal dari akulturasi budaya Portugis pada di abad ke 16. Dalam bukunya, Portuguese influence in Indonesia, Antonio Pinto da Franca, menyatakan Nina Bobo adalah berasal dari bahasa Portugis lama yang berarti, 'tidurlah anakku'.


Siapa sangka, lagu pengantar tidur tersebut sampai juga ke negeri Belanda. Di negara kincir angin tersebut, Nina Bobo dibawakan lewat paduan suara lengkap beserta orkestranya.


Dengan membawakan lagu Nina Bobo secara Seriosa, Orkes yang dipimpin Claudia Patacca dan Gerrit Ellen bernama `Die Minnesanghers' itu, para penyanyi kawakan itu membawakan lagu dengan apik. Setiap lirik lagu tersebut dilafalkan dengan sempurna. Sungguh merdu.

Di situs jejaring sosial Youtube, ada video berdurasi 4.29 menit yang menampilkan konser paduan suara menyanyikan lagu 'Nina Bobo'. Meski dinyanyikan oleh warga Belanda, lagu itu tidak diubah liriknya sedikit pun. Tepuk tangan deras mengalir dari para penonton. Dan mereka pun tampak bangga menyanyikan lagu tersebut. Klik untuk melihat.


Video paduan suara ini diposting di situs jejaring sosial Youtube pada 9 Januari 2011. Sejak itu, sekarang sudah ada 163 ribu pengunjung yang menyaksikannya.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © ✖Kentang~Begadang✖Redesign by Djogzs